Workshop Inovasi Pembelajaran INOBEL (Bagian-1)

sumber: penulis

Workshop Inovasi Pembelajaran INOBEL

Merenungi sebuah paragraf:

"Guru adalah sebagai sebuah profesi yang memiliki 4 tuntutan wajib dikembangkan antara lain kompetensi profesional, pedagogik, sosial dan kepribadian (Undang-undang RI No 14 tahun 2005).
Guru masa kini adalah guru yang harus mengikuti perkembangan jaman demi menyiapkan masa depan anak bangsa dengan berbagai keterampilan hidup untuk mereka bertahan dan sukses di kehidupan mereka akan datang"  (Prasetiyaningsih, 2017)

Kalimat paragraf diatas merupakan salah satu paragraf sisipan dalam latar belakang naskah hasil inovasi pembelajaran saya yang telah saya kirimkan untuk diikutkan dalam perlombaan inovasi pembelajaran guru SMP yang diadakan oleh KEMENDIKBUD tahun 2017.
Mungkin kalimat diatas sangat umum untuk dibaca tetapi bagaimana selanjutnya hingga tercipta sebuah inovasi pembelajaran yang menjadi sebuah laporan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk mengobati kelemahan siswa saya adalah poin "cetar" yang ingin saya tuliskan hingga nantinya bisa terbit menjadi sebuah buku berjenis "best practice".  

Guru SMP adalah guru dengan segudang cerita menarik yang sangat sayang untuk dilewatkan ceritanya, banyak hal yang bisa kita tulis dari semua pengalaman yang terjadi.  Kamus bahasa inggris yang telah terbit dengan jutaan, milyaran kata tak akan sanggup mengalahkan kisah kasih kita dengan pembelajaran kita bersama siswa.   Pembelajaran ya karena kita dan siswa sama-sama belajar sesungguhnya, kita bukanlah satu-satunya sumber belajar karena terkadang siswalah menjadi sumber belajar bagi guru.

Posting blog saya kali ini fokus pada inovasi pembelajaran yang telah saya buat, tetapi pada part-1 ini saya ingin berbagi tentang materi workshop yang telah saya terima.  
Workshop Perlombaan Inovasi Pembelajaran 
Tanggal 24-27 Juli 2017 bertempat di Hotel Empire Palace, Jalan Blauran No 57-75, Kota Surabaya, Jawa Timur 60262

Teman-teman guru pasti sangat tidak sabar pingin tahu materi workshop yang telah kami terima karena sudah tidak sabar ingin berinovasi.  Alhamdulilahhh....

Workshop perlombaan inovasi pembelajaran yang saya ikuti diadakan oleh kemendikbud setelah saya mengirimkan sebuah naskah hasil inovasi pembelajaran yang telah saya kirim melalui kesharlindungdikdas.id.

Sebagai seorang guru yang masih kecil pengalaman saya sangat bersyukur dengan semua kemudahan dalam mengikuti perlombaan ini, baik dalam hal persyaratan peserta, kemudahan access pengumuman dan pengiriman naskah.  Saya saat membaca pedoman lomba tidak terlintas dalam pikiran saya untuk dapat terjaring workshop, dalam pikiran saya hanya try..try..and try.  Prinsip saya adalah never do never know.  Saya pikir bisa masuk tahap workshop perlombaan sudah sangat bagus sekali pencapaian yang telah saya raih karena sejatinya motivasi diri adalah menghargai pekerjaan diri sendiri.  

Peserta inobel yang mengirim naskah rupanya banyak sekali, sebagai salah satu yang terkirim workshop saya tidak ingin menyiakan kesempatan untuk banyak belajar dan kali ini saya ingin teman-teman semua juga bisa belajar dari materi yang akan saya bagi.  Ilmu datangnya milik Allah, saya hanya ingin berbagi agar semua memperoleh manfaat dan keberkahan ilmu dari pemateri yang telah mengajarkan saya banyak ilmu semoga mereka mendapat kebaikannya pula.  Narasumber pengisi materi sebagai berikut:


No
NAMA NARASUMBER
ASAL SEKOLAH
1.
Dr. Yeni Hendriani
P4TK IPA Bandung
2.
Ridwan Purnama, S.H, M.Si
Universitas Pendidikan Indonesia
3.
Sandi Budi Irawan, M.Pd
Universitas Pendidikan Indonesia
4.
Asep Saefullah Rohman, M.Ikom
Universitas Padjajaran
5.
Dr. Dadang Iskandar
Universitas Pasundan

Panitia penyelenggara dalam kegiatan ini adalah staf pada Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Teman-teman guru, inti dari workshop ini adalah tentang Reviu naskah yang telah kita buat agar dapat menyesuaikan dengan panduan dan sesuai dengan kaidah bahasa yang benar dalam menyusun KTI.  Berikut adalah materi yang kami terima antara lain:


No
MATA SAJIAN
JUMLAH
KODE
TEORI
PRAKTIK
A.
PROGRAM UMUM



1.
Kebijakan Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar
2
-
A
B.
PROGRAM POKOK



1.
Karya Tulis Ilmiah untuk Inovasi Pembelajaran dan Teknis Penulisan artikel
3
3
B
2.
Bahasa sebagai sarana komunikasi ilmiah
1
3
C
3.
Teknik Presentasi
1
3
D
4.
Teknik Pameran Karya
1
3
E
5.
HaKI dan Plagiarisme
2
3
F
6.
Review dan Perbaikan Naskah Inovasi Pembelajaran
2
4
G
C
PROGRAM PENUNJANG



1.
Rencana Tindak Lanjut

1
H
JUMLAH
32


 Kegiatan Workshop Perlombaan Inovasi Pembelajaran Guru SMP dilaksanakan dengan pola 32   JP (@60 menit)

 Materi-materi tersebut memberikan kami banyak sekali hal baru, ilmu baru dan kejutan baru karena membuat kami jadi semakinnnnnnnnnnn sadar betapa buruknya susunan KTI yang kami buat hihihi... tapi semua itulah fungsi dari belajar.  Terimakasih narasumber dan panitia serta penyelenggara acara.

Teman-teman materi yang ingin saya ingin share pada part-1 adalah seputar KTI:

Materi 1- Karya Tulis ilmiah
Karya tulis ilmiah adalah Tulisan yang didasari oleh hasil pengamatan, peninjauan, atau penelitian dalam bidang tertentu, disusun menurut metode tertentu dengan sistematika penulisan menggunakan tata bahasa dan isinya dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya (keilmiahannya).
Jenis, bentuk, ciri KTI bisa di download di- 

Materi 2- Jenis Karya Inovatif
Jenis karya yang disebuut sebagai karya inovatif apa saja dan bagaimana ciri dan contoh-contohnya bisa dibaca disini


Materi 3- Desain penelitian Esperimen
Desain penelitian eksperimen memiliki kekhasan dari desain yang lain, apa saja dan bagaimana menyusun penelitian eksperimen dapat download disini


Materi 3- Desain penelitian PTK
Desain penelitian PTK juga memiliki kekhasan dari desain yang lain, apa saja dan bagaimana menyusun penelitian tindakan kelas dapat download disini



Materi workshop yang lain pada posting berikutnya di part-2 dengan serunya similarity alias nama bekennya similikity.. apa itu .. pantau terus yaaaaa...

salam sayang buat semua dari ibu guru ANis semoga memberi manfaat bagi semua yang menebar kebaikan..
silahkan comment jika ada pertanyaan dan lain-lain





Belum ada Komentar untuk "Workshop Inovasi Pembelajaran INOBEL (Bagian-1)"

Posting Komentar

Terimakasih telah suport kepada penulis dengan berkomentar secara bijak, memberikan kritik membangun dan positif

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel